Selasa, 16 September 2014

Bahaya kekurangan zat magnesium dalam tubuh

Bahaya kekurangan zat magnesium dalam tubuh

Bahaya kekurangan zat magnesium
Bahaya kekurangan zat magnesium
Tubuh yang sehat berarti memiliki asupan nutrisi seimbang, antara vitamin, mineral, juga karbohidrat, lemak, dan protein. Namun, tekanan pekerjaan dan gaya hidup, membuat asupan nutrisi harian tidak seimbang.

Akibatnya, tubuh kekurangan mineral esensial, yang bisa mengakibatkan berbagai keluhan. Mulai pusing, kelelahan, bahkan daya tahan tubuh yang lemah.

"Jika kekurangan vitamin dan mineral esensial, tubuh akan dikuasai rasa lelah serta perasaan tidak enak badan, meskipun sudah beristirahat maksimal," ujar ahli naturopati Nigma Talib, dilansir Daily Mail.

Bahkan, Talib mengatakan, olahraga tidak akan membantu tubuh lebih bugar jika terjadi kekurangan mineral.

"Jika Anda berolahraga, yang terjadi, tubuh akan semakin kekurangan mineral. Karena, olahraga membutuhkan banyak nutrisi, sehingga Anda akan merasa kaku otot, nyeri persendian, sesak napas, bahkan pusing dan mual," jelas Talib.

Solusinya, tentu saja memperbaiki asupan nutrisi. Namun, selain itu, Talib mengatakan, kebiasaan masyarakat urban minum dari botol plastik berkontribusi pada demineralisasi tubuh.

Talib juga menambahkan, demineralisasi lebih berbahaya bagi kaum hawa. Faktanya, 7 dari 10 wanita urban menderita kekurangan mineral esensial, terutama magnesium.

Magnesium, di sisi lain, merupakan mineral yang sangat penting bagi metabolisme tubuh. Magnesium bermanfaat mempertahankan ritme jantung, menjaga tekanan darah, serta memperkuat tulang.

Gejala yang terjadi saat tubuh kekurangan magnesium adalah rasa cemas berlebih, gelisah, sulit tidur, mual, nyeri otot, denyut jantung tidak normal, serta terkadang kejang.
Itulah beberapa Bahaya kekurangan zat magnesium dalam tubuh, jangan lupa baca juga tips menghilangkan flek hitam di wajah dengan cara alami