Sabtu, 09 Agustus 2014

Apakah ngilu sendi pertanda rematik ?

Apakah ngilu sendi pertanda rematik ? - Penyakit rematik bukan hanya bisa terjadi pada lanjut usia. Pola hidup tidak sehat juga bisa membuat rematik menyerang usia paruh baya. Biasanya, penyakit itu ditandai sendi yang ngilu.
Apakah ngilu sendi pertanda rematik
Apakah ngilu sendi pertanda rematik

Namun, tidak semua nyeri pada persendian bisa disimpulkan sebagai rematik. Ketahui gejala rematik dan penyakit lain yang mungkin mirip, dari perbincang VIVAlife dengan dr. Rahajeng A.P. berikut.
Keluhan yang disebabkan peningkatan asam urat atau disebut juga Gout arthritis, biasanya menyerang salah satu sendi saja. Gejalanya ada pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, panas, dan gangguan gerak dari sendi yang terjadi mendadak.

Lokasi paling sering untuk serangan pertama adalah sendi pangkal ibu jari kaki. Karena serangannya mendadak, bisa saja siang sampai menjelang tidur tidak ada keluhan. Lalu, pada tengah malam bisa saja mendadak terbangun karena rasa nyeri sendi.

Sedangkan rematik atau Rhematoid arthtritis adalah rasa kaku pada sendi-sendi kecil seperti sendi pada jari-jari tangan atau jari jari kaki. Biasanya, itu terjadi pada dua sendi (kanan dan kiri).

Gejalanya: kaku terjadi ketika pagi hari setelah bangun tidur. Rasa kaku juga bisa terjadi pada lutut, dan biasanya disertai dengan kemerahan atau bengkak pada sendi tersebut.

Namun, keluhan ngilu sendi tidak selalu disebabkan peningkatan asam urat dan rematik. Keluhan Anda bisa saja disebabkan oleh kelelahan dari pada otot-otot yang ada.

Penyebabnya bisa karena pekerjaan sehari-hari, bobot berat badan yang berlebih, atau sempat mengangkat barang yang berat, dan lainnya.